7 buah eksotik Indonesia

Apel, jeruk, nanas, pepaya, pisang adalah beberapa nama buah yang sudah biasa kita dengar dan kita makan. Akan tetapi adakah buah lain yang unik? Tentu saja, alam kita Indonesia sangat kaya akn sumber daya alam tak terkecuali buah-buahan. Nah, bagi anda yang ingin tahu buah apa saja yang kini menjadi buah langka, berikut akan saya sebutkan beberapa yang pernah saya coba.
 
1. Buah lobi-lobi
    Buah kecil berwarna merah ini memiliki rasa asam. Biasanya dijumpai di tukang-tukang rujak buah karena biasanya buah ini dipakai untuk menambah rasa asam pada rujak buah.


2. Buah jamblang

Buah yang sepintas mirip seperti anggur ini memiliki rasa asam-sepat yang lezat. Saya pribadi sangat menyukai buah ini. Bagi anda yang kurang suka dengan rasanya yang asam-sepat, anda bisa membuat buah jamblang ini menjadi manisan. Caranya larutkan gula pasir dalam air (kira-kira saja banyaknya) lalu rendam buah jamblang dalam larutan gula tersebut. Buah ini memiliki warna kulit ungu kehitaman dengan warna daging buahnya putih. Setelah makan beberapa buah jamblang, dijamin lidah anda akan berwarna ungu. Mungkin kelak buah ini bisa dijadikan untuk pewarna makanan alami (warna ungu)

 
3. Buah buni
    Buah berukuran kecil-kecil ini bisanya digunakan untuk merujak sebab rasanya yang asam akan menambah sensasi segar pada rujak, khusunya rujak buah.




4. Buah gandaria
    Buah ini memiliki kulit berwarna hijau muda, daging buahnya juga berwarna hijau muda agak keputihan, sedangkan bijinya berwarna ungu. Unik bukan? Kulit gandaria teksturnya agak keras begitu pula dengan dagingnya. Ibu saya biasanya menggunakan buah ini untuk membuat sambal menjadi lebih lezat. Biasanya buah ini akan dipotong kecil-kecil kemudian akan di ulek bersama dengan cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, dan garam untuk menghasilkan sepiring sambal yang lezat. Buah ini memiliki rasa yang sangat asam.

5. Buah kecapi
    Ini juga salah satu buah favorit saya. Buah ini memiliki kulit berwarna kuning emas sedangkan daging buahnya berwarna putih. Rasa dagingnya manis-asam, sangat segar. Kulitnya memiliki tekstur yang agak keras sehingga agak sulit untuk membukanya. Terkadang saya suka membantingnya agar kulitnya pecah sehingga mudah untuk di buka.

 6. Buah menteng

Buah ini memiliki kulit berwarna kunig kecoklatan. Kulitnya tipis, tidak terlalu tebal. Sementara itu warna daging buahnya merah keunguan. Rasa buah ini asam manis, menyegarkan. Mungki karena ukurannya yang kecil dan rasanya yang menagihkan, maka biasanya sulit untuk berhenti jika sudah mulai memakan buah ini.




7. Buah gowok
    Buah ini memiliki kulit yang agak keras dengan warna ungu nyaris hitam. Daging buahnya berwarna putih bersih. Rasa buah ini asam sedikit sepat. Biasanya saya memakan buah ini beserta dengan kulitnya. Kadang-kadang tukang buah potong suka menjualnya namun belakangan ini buah ini semakin jarang ditemui.




Itu lah buah-buah eksotik dan langka yang ada di Indonesia. Sebagai orang Indonesia pastinya kita bangga bukan? Sayangnya generasi sekarang jarang yang berminat ke bidang pertanian selain itu dialihfungsikannya lahan pertanian dan perkebunan menyebabkan buah-buahan diatas semakin langka. Semoga saja anak cucu kita kelak masih bisa mencicipi buah-buah diatas.

Penasaran dengan rasa buah tersebut? Coba anda sekali-kali berkunjung ke pasar petak 9 yang terletak di kawasan pecinan, jakarta pusat. Jika sedang musim, biasanya ada pedangang yang menjual buah-buah langka diatas. Selamat mencoba! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jembatan Keledai Rumus Triginometri

Sebegitu Menakutkan kah Diriku?